Sedikit share knowledge tentang cara membuat application letter yang baik dan benar. Informasi yang bakal gw kasih adalah berdasarkan pengalaman gw waktu melamar pekerjaan, ya meskipun gw cuma ngelamar dua kali sebelum memutuskan buat bangun startup sendiri. Informasi ini sebenarnya buat teman dan yunior gw di kampus yang lagi butuh informasi tentang ini.
Oke, langsung saja pada pokok masalah. Application letter memiliki format yang lebih kurang sama seperti surat resmi, ada tanggal di pojok kanan atas, ada sebagian yang menggunakan header juga - biasanya berisikan informasi personal atau pengirim, kemudian greeting, subject - optional, isi surat, dan penutup. Contohnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Ada beberapa bagian penting yang harus diperhatikan pada isi surat. Pertama lignkar bewarna merah. Paragraf awal pada isi surat sebaiknya berisi informasi tujuan dari surat. Pada contoh di atas, tujuan dari surat tersebut dikirim adalah untuk bergabung pada perusahaan sebagai marketing officer. Pada bagian ini berikan alasan kenapa anda bergabung dan berikan informasi dari mana anda mengetahui bahwa ada lowongan.
Kedua, bagian yang dilingkar warna hijau. Paragraf ke dua berisikan informasi tentang anda dan kemampuan anda terkait tujuan anda mengirimkan surat. Jika anda ingin menjadi seorang marketing officer, sebaiknya pada paragraf ke dua ini berisi informasi skill anda yang mendukung untuk proses marketing.
Terakhir, isi surat ditutup dengan sebuah pernyataan optimis bahwa surat yang anda kirim ditanggapi atau berupa harapan anda akan diinterview nantinya.
Gw rasa dari contoh di atas lo pada ngerti lah ya. Sekian dari gw. Semoga bermanfaat.
Cheers!
ConversionConversion EmoticonEmoticon