Cara Menghilangkan /public Pada Laravel - Laravel Series ~ Blog Indra El Firasy

Cara Menghilangkan /public Pada Laravel - Laravel Series



Bagi pemula Laravel mungkin ada yang bertanya kenapa index dari aplikasi ada pada folder Public. Hal tersebut dapat dilihat ketika proses instalasi Laravel selesai dilakukan. Jika kamu punya file aplikasi dengan nama folder MyApps, ketiika dibuka dibrowser, http://localhost/myapps/, yang keluar malah isi folder, bukan halaman "Hello World!" dari Laravel. Akan tetapi jika url yang dibuka adalah http://myapps/public/, halaman "Hello World!" dari laravel akan muncul sperti gambar berikut:



Ada beberapa teman saya yang bertanya bagaimana caranya menghilangkan /public tersebut. Here we go.
  1. Pindahkan isi file yang ada pada folder public ke root.
  2. Hapus file yang menurut kamu gak perlu seperti read.me, dan .gitattribute.
  3. Buka file index.php yang ada di root pada editor kamu.
  4. Hapus  kode "/../" yang ada pada baris 21 dan 35 pada file index.
  5. Hapus folder public pada root.
  6. Oke, sekarang buka url http://localhost/myapps/ dari browser kamu untuk melihat hasilnya :D
Sekarang apa pun Route yang kamu buat, url nya sudah tidak mengandung /public lagi.  So, jangan sekali-kali panggil /public karena itu tidak akan terbaca lagi oleh Route aplikasi kamu.

Mungkin ada yang bertanya kenapa Laravel menaruh file index nya pada folder public. Bagi gw Laravel merupakan framework yang stay in role nya sebagai backend program. Laravel berperan pada server side dari sebuah aplikasi yang hanya mengeluarkan respon berupa xml atau json untuk nantinya diproses oleh frontend, bisa jQuery atau framework javascript lainnya seperti Ember, Angular, atau Backbone. Oleh karena itu laravel sangat bagus untuk membuat aplikasi yang memisahkan client side dengan server side. Ini juga sangat membantu ketika kamu membuat aplikasi mobile web dimana aplikasi anda hanya bisa diakses dari mobile sedangkan ketika aplikasi kamu diakses dari pc yang muncul adalah landing page. Padahal anda hanya punya satu folder aplikasi tapi dapat menampilkan dua proses yang berbeda. Kamu bisa menaruh file framework javascript yang memiliki file index.html pada root tanpa mengganggu index.php dan route laravel.

Thanks.
Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »