Mengenal Package pada Laravel dan Kegunaannya ~ Blog Indra El Firasy

Mengenal Package pada Laravel dan Kegunaannya

Apa itu Package pada Laravel? Package pada Laravel sama hal nya dengan Library dan Helper pada CodeIgniter, yaitu merupakan source code yang bisa diberdayagunakan kembali pada suatu project. Kita tidak perlu tahu bagaimana dan apa yang ada di dalam package, kita cukup mengetahui apa fungsi yang bisa digunakan untuk kebutuhan kita.

mengenal package laravel

Misalnya ketika Anda ingin membuat aplikasi Laravel dimana orang bisa daftar dan masuk melalui berbagai social media, Anda tidak perlu membuat satu-satu fungsi untuk melakukan hal itu. Kita dapat menggunakan Package yang sudah ada dan banyak sekali di Internet. Packalyst salah satu sumber terbaik untuk Anda mencari berbagai package yang Anda butuhkan. Kita tinggal install pada Laravel kita, dan siap untuk digunakan.

Manfaat lainnya dari menggunakan package adalah kita jadi bisa menghemat waktu untuk membuat function yang sebenarnya ada package yang tersedia. Pengerjaan jadi mudah dan cepat dilakukan. Kita dapat mengakses fungsi yang ada pada class disediakan package tersebut dari controller maupun route. Berikut beberapa package yang bisa Anda gunakan  untuk membantu dalam mengembangkan website dengan Laravel.
  1. Oauth Wrapper for Laravel
    Package ini berfungsi untuk kebutuhan login dan register menggunakan social media. Jika Anda ingin web Anda bisa login menggunakan Facebook, Twitter, Google+, Linkedin, dan lainnya, package ini sangat rekomended.
  2. Elequent Sluggable
    Package ini untuk kebutuhan meningkatkan SEO aplikasi web. Setiap artikel akan memiliki slug berupa lowercase dari judul artikel. Sehingga akan memudahkan Anda untuk membuat url yang Google Friendly.
  3. RSS Generator
    Berguna untuk membuat RSS feed secara otomatis.
  4. Intervention Image
    Untuk kompresor gambar. Sehingga Anda bisa membuat thumbnail image yang ukuran kecil. Ini dapat meningkatkan page speed halaman website.
Package lainnya bisa Anda temukan di Packalyst.com. Setiap package yang ada di sana disajikan lengkap dengan informasi cara pemasangan, dokumentasi, contoh, dan berapa banyak orang yang sudah menggunakannya sebagai popularity sebuah package.

Tentu saja, ada berbagai jenis Package. Beberapa package ada yang berdiri sendiri atau stand-alone, yang berarti mereka bekerja dengan framework apapun, bukan hanya Laravel. Carbon dan Behat contohnya. Kedua package tersebut merupakan package yang stand-alone. Setiap paket ini dapat digunakan dengan framework lain atau Laravel dengan hanya memasukkan mereka ke dalam file composer.json. Nanti kita akan bahas bagaimana cara memasang package.

Di sisi lain, paket-paket lain secara khusus dirancang untuk digunakan dengan Laravel. Dalam versi sebelumnya dari Laravel, jenis package ini disebut "bundel". Package tersebut mungkin memiliki rute, controller, view, konfigurasi, dan migrasi khusus ditujukan untuk meningkatkan aplikasi Laravel.

Setelah mengetahui kegunaan dari Package pada Laravel, saatnya belajar cara install sebuah package Laravel di aplikasi kita. Contohnya kita akan menginstal package Oauth Wrapper for Laravel yang ada di Packalyst.com. Pertama buka file composer.json yang ada di root aplikasi Laravel kita. Lalu tambahkan pada bagian "require" nama package yang ingin di install seperti berikut.


//...
"require": {
  "artdarek/oauth-4-laravel": "dev-master"
}


Setelah itu, jalankan composer dari untuk melakukan update.


$ composer update

Lalu daftarkan service provider dari package dengan cara menambahkannya pada 'providers' dan 'aliasis' yang ada di file app/config/app.php seperti berikut.


'providers' => array(
    // ...

    'Artdarek\OAuth\OAuthServiceProvider'
)
.
.
.
'aliases' => array(
    // ...

    'OAuth' => 'Artdarek\OAuth\Facade\OAuth',
)


Ada beberapa package yang butuh dilakukan custom configuration secara manual. Sehingga kita butuh untuk membuat file konfigurasi untuk package tersebut seperti hal nya package Oauth Wrapper ini. Jalankan perintah berikut di command prompt Anda.


php artisan config:publish artdarek/oauth-4-laravel

Sekarang package Anda sudah bisa digunakan. Secara umum jika Anda ingin menggunakan package, langkah untuk pemasangannya seperti di atas. Biasanya para provider dapat dipastikan memberikan informasi cara pemasangan dan penggunakaannya.

Demikianlah sedikit informasi tentang package pada Laravel dan kegunaannya beserta cara pemasangannya. Selamat mencoba.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
21 Februari 2015 pukul 00.09 ×

Trimakasih atas tutornya gan. sangat bermanfaat. oya gimana cara buat console tempat script seperti yang agan buat..? udah keliling2 kagak ketemu

Reply
avatar
21 Februari 2015 pukul 04.45 ×

Untuk nampilin script kalo yang pernah ane pake
http://elfirasy.blogspot.com/2015/01/cara-menampilkan-kodingan-di-blogspot.html

Kalo yg sekarang lagi dipake dari sini gan
http://arlinadesign.blogspot.com/2014/11/memasang-prism-syntax-highlighter-di-blogger.html

Reply
avatar