Cara Instalasi Laravel - Laravel Series ~ Blog Indra El Firasy

Cara Instalasi Laravel - Laravel Series

Hello Laravel!

Mungkin ada yang bingung dengan cara instal Laravel. Pada bagian ini gw mau berbagi tentang bagaimana cara instal Laravel dan beberapa masalah yang mungkin dihadapi saat instalasi. Berikut gw sajikan cara instal Laravel. Pastikan Anda familiar dengan Xampp karena pada tutorial kali ini gw make Xampp sebagai server localhost.
  1. Donwload file Laravel. Anda bisa mengunduh file terbaru dari GitHub.
  2. Ekstrak file Laravel dan taruh di htdocs xampp atau pada direktori server yang Anda gunakan.
  3. Buka CMD lalu jalankan composer commend seperti berikut:
  4. Buka  http://localhost/laravel/public di browser anda. jika instalasi berhasil maka akan tampil halaman seperti berikut.
  5. Buka file routes.php yang ada dalam folder laravel/apps/ lalu ketik “Hello world!” seperti berikut.
  6. Kembali ke browser Anda dan lakukan refresh. Selamat datang di dunia Laravel!
Anda sudah berhasil melakukan instalasi Laravel pada server Anda. Jika proses instalasi yang Anda lakukan tidak sesuai dengan tutorial ini, kemungkinan yang terjadi ada 2 hal:
  1. Commend promt (CMD) Anda tidak mengenal perintah “composer” saat menjalankan “composer install”. Solusinya Anda cukup menginstall composer pada windows Anda.
  2. Versi PHP Anda dibawah PHP 5.3. Silahkan cek pada phpinfo server Anda. Jika Anda menggunakan Xampp sebagai server localhost, anda dapat mengecek versi PHP yang Anda gunakan dengan mengklik menu phpinfo() pada halaman http://localhost/xampp.
Mungkin itu cara simpel instalasi Laravel. Lemme know if you have another trouble. Setelah ini gw bakal berbagi cara sederhana membuat sistem CRUD dengan laravel. Stay tune!

Thanks.

BANNER FREE MEMBER
Previous
Next Post »