My Passion ~ Blog Indra El Firasy

My Passion


Sebenarnya gw juga tak tau passion gw apa. Berdasarkan buku yang bernah gw baca – The Ultimate You, gw tau apa yang gw senengin. Itu lah yang terfikirkan oleh gw saat bangun tidur pagi hari ini. Gw jadi ingin sekali melakukan apa yang gw suka. Mulai dari membangunkan kembali situs gw yang udah terlelap cukup lama, ingin membuat sesuatu yang baru, ingin melakukan riset buat situs gw, dan terakhir gw ingin mewujudkan janji gw pada diri sendiri buat nulis. Gw pengen nulis lagi. So, apa itu passion? Buat gw sederhana saja, apa yang paling lo suka buat lo lakuin. Lo ngelakuin sesuatu itu gak ada bebannya, yang ada malah lo bahagia, senang. Itu definisinya buat gw.

Masalahnya yang sering gw temukan adalah keinginan itu selalu datang disaat waktu yang gw pikir gak tepat. Passion itu selalu datang disaat gw lagi banyak deadline proyek. Apa lagi pagi ini ada banyak hal – kalo bisa gak ada, yang harus gw kerjain seperti mencuci pakaian kotor yang uda gw rendam dari kemaren sore. Gak ada pilihan lain buat gw untuk menunda menyuci pakaian dan mendiamkan kerjaan proyek itu sementara yang punya udah teriak-teriak nanyain updatenya ke gw. Walaupun yang bisa gw lakuin adalah menulis satu postingan blog ini, gw udah senang. Masih ada dua hal lagi yang pengen gw lakuin, melakukan riset, sama membuat project plan buat nulis buku.


Sebagai seorang programmer, hal yang paling membuat gw bahagia adalah aplikasi yang gw bikin dapat berjalan dan diminati pengguna. Tahap awal gw baru sampai pada web version, selanjutnya bakal ada mobile version. Setahun berjalan dari tahun 2012 situs tersebut sudah terbenam sekitar 3 bulan. Tanpa ada perkembangan yang bagus, berjalan di tempat seorang diri. Gw ingin membawanya ke permukaan lagi sekuat tenaga gw. Apakah ini passion gw? Gw juga gak tau. Kalo gw ngoding aplikasi buat gw, gw senang-senang aja, tapi sering kali gw dibawa santai karena gak ada disiplinnya. Berbeda dengan kalo gw ngoding buat orang lain alias gw dibayar buat ngoding, ada sedikit tekanan dan gw ngerjainnya cuma karena bayaran. Malahan gw bisa disiplin karena yang punya selalu bawel nanyain proyeknya gimana. Oke! Gw terima kesimpulan dari lo kalo gw gak disiplin dan butuh disiplin waktu buat kelarin kodingan aplikasi yang gw suka.

Lain lagi ceritanya nulis buku. Sejak 4 tahun yang lalu gw udah bilang ke sumua orang yang kenal gw kalo gw bakal jadi penulis. Tapi sampai sekarang gak ada satupun yang rampung. Paling banyak baru 20 halaman dan gw udah malas aja ngelanjutin. Bukan masalah buntu ide, gw justru banyak ide buat nulis, masalahnya gw gak bisa nahan diri gw untuk tidak terjun ke ide berikutnya sebelum ide yang sekarang gw garap kelar dan rampung. Gw terlalu cepat buat loncat dari satu ide ke ide yang lain. Itu ungkapan masalah dari gw seorang yang lagi belajar buat rampungin novel. Mungkin buat mereka yang udah pernah ngerampungin bikin buku, masalah gw hanyalah sebuah pembelaan bahwa gw sebenarnya gak buntu masalah ide. Logikanya kan gitu, kalo lo ketemu jalan buntu, lo bakal cari jalan lain kan? Berarti jalan yang lo tempuh sekarang buntu kan? Akan tetapi pagi ini yang terfikirkan dalam benak gw adalah gw pengen bikin buku tentang bidang yang gw geluti sebagai seorang programmer. Teman baik gw pernah kasih saran ke gw, jangan mulai dari hal besar, tapi lakukanlah dari hal yang kecil. Dan benar, karena gw selalu mikirin besarnya, gw jadi gak melihat hal kecil di sekitar gw. Apakah ini passion gw? Gw selalu bilang ke diri gw kalo ini adalah passion gw, walaupun sebenarnya sedih sih melihat kenyataan bahwa gak ada kerya gw yang rampung.

Sebenarnya passion itu ada dua kata pokok yang harus ada, suka dan rutin. Lakuin hal yang paling lo suka buat lo lakuin, dan hal itu juga yang paling sering lo lakuin. Kalo soal suka aja, banyak banget, gw yakin banyak banget hal yang suka lo lakuin dan bikin lo senang. Tapi passion itu menurut bukunya mas Rene, hal yang paling sering dan paling suka lo lakuin. Gw sendiri masih bertanya tentang passion gw apa. Sebenarnya buat apa kita tau passion kita apa juga gw gak tau. Hal yang gw tau adalah gw punya hal yang ingin banget gw lakuin, dan paling senang gw lakuin. Dari pada gw pusing mikirin passion itu apa dan buat apa gw tau, mending gw mikirin gimana hal yang paling senang gw lakuin bisa berkembang menjadi pohon yang nantinya bisa menghasilkan buah yang manis. That’s my passion story. What about you?
Previous
Next Post »